Kamis, 29 September 2011

Mekanisme Katup :: POROS NOK (CAM SHAFT) ::

Poros nok merupakan komponen yang berfungsi untuk merubah gerak putar menjadi gerak bolak-balik untuk membuka katup. Bagian poros nok yang menyebabkan gerak bolak-balik adalah bagian yang menonjol atau nok. Terdapat dua nok yaitu nok  untuk katup masuk dan nok untuk katup buang.  Poros nok berputar ditumpuh oleh bantalan (bos), agar poros dapat bekerja pada putaran tinggi dan koefisien gesek kecil pada saat ini digunakan bearing.


Gb. 3. 13  Konstruksi dan posisi poros nok Honda MegaPro

Proses kerja membuka dan menutup katup akibat gerakan nok dapat digambarkan sebagai berikut:

Gb. 3.14  Proses kerja poros nok

Saat poros berputar maka nok mulai menekan lifter (titik A), gerak tekan tersebut untuk mengatasi celah katup. Pada titik B katup mulai terbuka, jarak antara B – C merupakan gerak pembukaan awal. Pembukaan katup maksimal terjadi pada titik D dan menutup penuh pada titik A`.

Saat katup ditekan nok maka katup terbuka sehingga memungkinkan campuran bahan bakar masuk ke dalam silinder, atau gas buang mengalir ke knalpot. Hubungan sudut pembukaan katup terhadap tinggi angkat nok dan luas saluran masuk maupun buang dapat dilihat pada gambar 3.15.

Gb. 3.15 Hubungan sudut pembukaan katup dengan tinggi angkat nok dan luas saluran.

Gb. 3.16   Komponen kepala silinder sepeda  Honda Karisma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar