Kamis, 29 September 2011

Mekanisme Katup :: PELATUK (ROKER ARM) ::

Pelatuk (roker arm) berfungsi sebagai tuas pengungkit, dimana bila salah satu ujungnya mendapat tekanan nok maka ujung yang lain akan menekan katup. Pada mekanisme katup model OHV poros nok menekan lifter, lifter menekan push rod dan push rod menekan roker arm,  namun pada mekanisme katup SOHC dan DOHC poros nok langsung menekan roker arm.

Roker arm selalu bergesekan dengan poros nok, sehingga roker arm dan poros nok cepat aus. Keausan  pada begian tersebut menyebabkan celah katup membesar, suara mesin berisik. Upaya mengatasi perubahan celah dengan cara menyetel katup secara periodik, sedangkan untuk mencegah cepat aus maka bagian roker arm yang bergesekan dikeraskan dan pelumasan komponen yang baik. Beberapa model motor seperti Honda Karisma (Gb. 3.16) bagian roker arm yang bergesekan dipasang bearing, sehingga beban gesek bekurang dan keausan dapat dicegah
Gb. 3.17  Roker arm dan valve clearance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar