Selasa, 20 September 2011

Elektronic Power Steering (EPS)



Power Steering Tanpa Oli


Power steering  mobil umumnya menggunakan tenaga hidraulik yang memanfaatkan oli untuk membantu meringankan putaran setir. Oli mendapat tekanan dari pompa power steering  yang diputar oleh kruk as dengan V-belt.

Sistem hidrualis ini berbeda dengan Electronic Power Steering (EPS). EPS tidak menggunakan fluida bertekanan untuk memperingan putaran setir. Sebagai gantinya adalah motor elektrik yang berhubungan langsung dengan batang setir (steering column). Sementara mekanisme kerja setirnya sama dengan setir tanpa power steering.

Saat ini, ada beberapa mobil keluaran ATPM yang menggunakan EPS. Antara lain Suzuki Karimun dan Swift, Honda City, Jazz dan New Civic serta Mazda VanTrend.

Biasanya motor penggerak EPS diletakkan di bawah dasbor atau di ruang mesin seperti pada Suzuki Swift. Kerja motor elektrik ini tidak seperti motor wiper  yang langsung hidup begitu saklar diaktifkan. Perintah kerja motor EPS diberikan oleh komputer.


Sebuah sistem EPS terdiri dari:
1. Control Module: sebagai komputer untuk mengatur kerja motor EPS.
2. Vehicle Speed Sensor: Terletak di girboks dan bertugas memberitahu control module  tentang kecepatan mobil.
3. Noise Suppressor: Bertindak sebagai sensor yang bertugas mendeteksi apakah mesin sedang bekerja atau tidak.
4. Torque Sensor: yang berada ada di kolom stir memiliki tugas memberi informasi ke control module jika setir mulai diputar oleh pengemudi.
5. Motor elektrik: Bertugas langsung membantu meringankan setir.
6. Clutch: Kopling ini ada di antara motor dan batang setir. Tugasnya untuk menyambung dan melepaskan motor dengan batang setir sesuai kondisi.
7. On-board diagnostic display: berupa lampu indikator di panel instrumen yang akan menyala jika ada masalah sengan sistem EPS.

Ketika mesin tidak bekerja, setir akan terasa seperti setir tanpa power steering.  Sebab jika EPS tidak berfungsi clutch  akan melepas hubungan motor dengan batang setir. Tidak seperti power steering  biasa yang jika mesin mati setir akan sangat berat karena harus menekan fluida yang ada.

Begitu mesin dihidupkan, noise suppressor  langsung memberi informasi pada control module  kalau mesin sudah hidup. Lalu control module  mengaktifkan sistem EPS dan clutch  juga langsung menghubungkan motor dengan batang setir.

Misalnya setir diputar ke kanan, maka torque sensor  akan memberitahu control module  bahwa setir diputar ke kanan serta seberapa cepat pengemudi memutarnya.

Dengan informasi dari torque sensor  tadi, komputer pun mengatur besarnya arus listrik ke motor agar berputar ke kanan dan seberapa cepat ia harus berputar. Begitu juga sebaliknya jika setir diputar ke kiri.

Lalu pada kecepatan tinggi di mana power steering  tidak lagi diperlukan, vehicle speed sensor  akan memberi informasi pada control module  tentang kecepatan kendaraan sehingga peranti itu menonaktifkan EPS. Dengan begitu setir menjadi lebih berat sehingga untuk menambah kestabilan dan safety.  Umumnya ini terjadi pada kecepatan di atas 80 km/jam.

Selain mengatur kerja motor berdasarkan informasi yang diterima dari sensor, control module  juga mendiagnosa jika ada kerusakan atau malfungsi pada sistem EPS. Jika terdeteksi ada kerusakan, maka lampu indikator EPS pada panel instrumen akan menyala berkedip tertentu sesuai kerusakan yang terjadi.

Plus minus…
Dengan cara kerjanya tadi, EPS jelas memberi keuntungan sendiri. Karena menggunakan listrik, EPS tidak membebani mesin secara langsung. Dan di kondisi tertentu juga akan nonaktif seperti pada kecepatan tinggi. Sementara power steering  biasa akan terus bekerja.

Karena menggunakan mekanisme langsung dari motor, EPS tidak lagi menggunakan oli. Jadi risiko akan bocornya oli jelas tidak ada.

Namun sistem kerja EPS sangat tergantung pada komputer. Semua peranti elektronik yang digunakan tentu ‘alergi’ dengan air. Seperti yang pernah dialami oleh Yuli Eko, kepala mekanik Suzuki Kebon Jeruk ketika menangani Karimun yang terkena banjir. Akhirnya hampir semua komponen EPS harus diganti. Sementara motor EPS pada Swift ditempatkan di luar kabin, tapi tak perlu terlalu khawatir, sebab motor EPS Swift sudah dirancang kedap air.
Sumber: Autobild
Penulis : Ari Tristianto Wibowo

153 komentar:

  1. Saya ada problem eps mobil honda city th 2004, montir bilang control modulnya mati,tp wktu sy pasang dengan modul yg baru brtahan hanya 2minggu setelah itu setir berat lg. Padahal sebelum modul dipasang mobil di scan lebih dahulu dan hasilnya gda probelm di kabel. Sy minta tolong solusinya kira2 apasi pnyebab kerusakan sebenarnya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Moon informasi part number untuk part number control module eps Mazda vantrend

    BalasHapus
  3. http://www.indonetwork.co.id/profesional_elektron/3567067/eps-electronic-power-steering.htm

    BalasHapus
  4. Mobik saya jazz ldsi tahun 2004, mendadak lampu eps nya hidup setelah sy matikan mobil, lampus eps nya mati lalu hidup lagi setelah beberapa menit perjalanan, lalu sy bawa ke bengkel dan org bengkel blg ECU nya rusak, sejak itu lampu eps nya nyala terus, tp sy masih ragu apa benar ECU nya yg rusak, krna lampu eps hidup terus dan stir keras, sampai skrg sy blm bs bawa ke bengkel honda resmi. Mohon bantuannya, apakah ada jalan lain agar mobil sy cepat sembuh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek fuse eps nya dulu miss, semoga cuma putus fuse.

      Hapus
    2. Maaf, mobil sy Honda jazz 2006,lampu EPS nyala ster berat,dan lama kelamaan setirnya tdk bergerak sama sekali, mohon petunjuknya.. terimakasih

      Hapus
    3. Baru saja, tadi siang. Lampu EPS nyala dan stir berat. Panggil montir langganan. dan ternyata kabel ke EPS ada yg putus dan sikring/fuse juga putus. Sambung kabel, ganti sikring dan langsung sembuh

      Hapus
    4. bos mohon bantuanya, honda jazz 2012 punya ku stering berat, trus kmaren masuk bngkel resmi honda bilang nya gear box nya rusak, dan ada 2 mcam ktanya klo gk gear box nya klo yg satunya lupa namanya, hrganya bsa 14jt an, tpi kmaren ke bngkel umum dan kta bengkel umum ECU nya rusak bos kya pernah dibongkar gtu, jdi aku bngung pas dibelikan ECU ternyata lain,

      Hapus
  5. mobil saya vantrend dengan EPS, kondisi normal, namun agak condong ke kiri terus saat jalan maupun berhenti, apanya ya??
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi di crossmember atau lower arm nya bung, coba cek kaki2 nya seperti idle arm . Tierote end tierote in, bearing2 dan lain2

      Hapus
    2. Bisa jadi di crossmember atau lower arm nya bung, coba cek kaki2 nya seperti idle arm . Tierote end tierote in, bearing2 dan lain2

      Hapus
    3. Saya juga pny van trend stir kl mobil dinyalakan lsg banting kiri,padahal kaki" sudah baik semua.
      Kira" EPS yg perlu dicek apa ya?
      Dan bagaimana cara cek nya?
      Terimakasih

      Hapus
    4. Saya juga pny van trend stir kl mobil dinyalakan lsg banting kiri,padahal kaki" sudah baik semua.
      Kira" EPS yg perlu dicek apa ya?
      Dan bagaimana cara cek nya?
      Terimakasih

      Hapus
  6. Saya punya mobil vantrend 1995 tapih eps gk mau bekerja lagi gimana cara memperbaiki nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek keliastrikan om, bisa jadi ecu rusak

      Hapus
  7. Saya Punya Mobil Swift 2008, Lampu indikator EPS nya menyala ketika di mau di starter, dan mati setelah mobil menyala, sebelumnya tidak begitu, kata bengkel resmi suzuki suruh ganti power stering, cuman harganya mahal, Tolong kasih pencerahan kawan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya itu normal...jika dalam keadaan jalan indikator Eps nyala dan berkedip itu tanda ada problem

      Hapus
    2. Saya juga swift 2008 ,awal engine nyala ok tapi pas di bawa lamou indikator epsnya nyala

      Hapus
  8. pa mau nanya kalau spesifikasi motor elektriknya apa ya ?? kaya daya yang dikeluarkan dsb/ terimakasih

    BalasHapus
  9. Saya punya mobil mazda 6 stirnya berat tapi lampu eps gak hidup . Katanya gak ada masalah. Dan sudah 4 bengkel khusus rek stir tidak berani buka. Ada info yg bisa memperbaiki rek stir mazda 6 saya mohon info bengkelnya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya juga punya mazda 6 keluhannya sama kalo bole tau akhirnya gimana tuh pak?

      Hapus
  10. Saya punya mobil mazda 6 stirnya berat tapi lampu eps gak hidup . Katanya gak ada masalah. Dan sudah 4 bengkel khusus rek stir tidak berani buka. Ada info yg bisa memperbaiki rek stir mazda 6 saya mohon info bengkelnya trima kasih

    BalasHapus
  11. saya punya mobil ertiga tiba tiba pas jalan lampu cek egine menyala dan power steeringnya menjadi berat setelah saya bawa ke bengkel direset melalui alat scaning bgus setelah 3hari kumat lge mohon solusinya pak trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos saya punya masalah ini apanya itu yg rusak orang beres udh 2x reset gak ketemu masalahnya?

      Hapus
    2. Coba ke www.anggapowersteering.com

      Hapus
  12. Saya pake gran livina,akhir2 ini steering sering tidak mau kembali ke posisi lurus secara otomatis setelah berbelok,,kira2 masalahnya apa ya?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya punya mobil swift epsnya biasa normal tapi stirnya kalau kekiri berat kalau kekanan ringan tolong minta solusinya...mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya juga kayak gitu, kayaknya di torque sensor ada masalah,

      Hapus
    2. maaf, apakah bisa hanya diganti Torque Sensornya saja ?, jk bisa apakah ada refferensi penjualnya / toko nya. thxs

      Hapus
    3. Bisa ngasih referensi gak utk kalibrasi sensor torque ford fiesta?

      Hapus
  15. Saya punya mobil avanza tahun 2014,kmren mobil saya kenak banjir,jd lmpu eps nya nyala,dan stiur nya keras,sdh dganti control modul nya,tp msih kras jga,dan lmpu eps nya brkedip2 dan stiur nya keras,mohon solusinya.....trmksih...

    BalasHapus
  16. Mohon bantuannya
    Saya punya mobil mazda 2, saat dibelokan kekiri/kekanan, terasa ada getaran pada stir dan bunyi roda gluduk2.. Mohon pencerahan apakah kaki -kaki or EPS saya yang bermasalah..

    BalasHapus
  17. Mohon pencerahan saya punya karimun kotak ada sedikit masalah yaitu pada waktu mobil berjalan tiba - tiba ditengah perjalanan setir terasa berat tetapi indikator EPS tidak menyala, apa masalahnya tolong di balas terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya juga ni, apa masalahnya ya

      Hapus
    2. Biasanya modul eps yg kena, coba knsultasi di anggapowersteering.com

      Hapus
    3. Saya juga begitu,sudah kelar masalahnya om,solusi nya gimana ?

      Hapus
    4. Sudah ada yang nemu mslah eps karko nya om ??

      Hapus
  18. Saya punya masalah sama eps honda city 2003 kadag lampu eps nyala stir langsung berat,tp klo mesin di mati'in terus di stater lagi normal lagi,kadang nyala lagi,mesin di mati'in,stater normal lagi,mohon bantuanya

    BalasHapus
  19. Saya punya mobil honda CRV 2.0 M/T tahun 2008, lampu indikator EPS nya kadang2 menyala (dan stir jadi berat) saat mobil sedang dijalankan pada medan jalan yang berlubang,pada kondisi demikian mesin saya matikan dan sesaat setelahnya saya hidupkan lagi dan indikator EPS padam (normal) tapi kejadian ini berulang2 terjadi, mohon bantuannya kira2 apa langkah2 solusinya agar mobil saya kembali normal

    BalasHapus
  20. Saya juga mempunyai problem yg sama pada hyundai grand avega thn 2012 kadang eps suka nyala saat sedang jalan solusi sementara saya matikan kemudian saya hidupkan kembali apakah ada yg bisa menjelaskan apa yg harus di lakukan mengingat sdh pernah di reset di beres berkali selain mengganti piranti eps nya

    BalasHapus
  21. Mobil saya CR-V 2008, indikator EPSnya selalu menyala pada rpm diatas 2000, jika dimatikan kontak lalu distarter ulang indikator EPSnya mati (normal) tapi setiap rpm diatas 2000 kumat lagi (indikator EPS nyala)

    BalasHapus
  22. Mobil saya CR-V 2008, indikator EPSnya selalu menyala pada rpm diatas 2000, jika dimatikan kontak lalu distarter ulang indikator EPSnya mati (normal) tapi setiap rpm diatas 2000 kumat lagi (indikator EPS nyala)

    BalasHapus
  23. Mobik saya honda new crv 2008 lampu eps tidak menyala,namun ketika mobil melaju di kecepatan 40 km keatas stir seperti menjadi kaku/ berat, mobil saya menggunakan velg R 20 ban tapak lebar...
    Namun sebelum2nya stir tdk begitu berat, walaupun dipakai ngebut dikecepatan tinggi, apakah mobil saya bermasalah atau msh normal pak....?? Mhon penjelasannya...

    BalasHapus
  24. mobil saya toyota avanza 2015, alarm eps nya kadang nyala kadang tidak. kalau pas nyala setir menjadi berat. pas ke bengkel cuman di riset karena katanya tidak ada kerusakan pada komponen.. tp tetap saja setelah 2 hari nimbul lagi alarm tersebut. mohon infonya soal kejadian ini.. thanks

    BalasHapus
  25. mas saya mau nanya nih yaris thn 2008 stirnya kadang2 keras hilang timbul gtu mas apa sulusinya mas

    BalasHapus
  26. mas saya mau nanya nih yaris thn 2008 stirnya kadang2 keras hilang timbul gtu mas apa sulusinya mas

    BalasHapus
  27. Mobil saya honda city 2004 manual klo muter stir kekanan kadang terbata bata gk lancar pas nyoba aki tmn malah pas mutet stir kekanan kaya didorong kekiri stirnya knp yah om

    BalasHapus
  28. saya punya karimun wagor wide R EPSnya suka mati secara tiba tiba tapi lampu indikator EPS nya gak nyala. dan saya coba cabut salah satu kepala aki mesin dalam keadaan mati saya biarka selama 1 menit atau 2 menit lalu saya pasang kembali dan saya starter mesin dan saya putar steering wheel sudah ringan kembali. kira kira apa yang jadi masalah ya, apakah modulnya atau sensor yg di motor eps sudah tidak bekerja dengan baik. mohon petunjuk dari master terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama masalahnya, apanya itu gan yg rusak

      Hapus
  29. Saya punya honda jazz, jika mesin mobil dihidupkan tiba tiba saja setir mobil berbelok sendiri. Apa penyebabnya kira kira gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya punya masalah kek mas. Langsung belok kiri mas

      Hapus
  30. Pak,mau nanyak,klau kijang kapsul,bisa apa tidak, diaplikasikan elektrik power steriing ini.dan klau bisa.motor electrik apa yg cocok buat di aplikasikan pada kijang kapsul.

    BalasHapus
  31. Saya punya ertiga th 2013,,ketika sedang jalan tau-tau indikator eps nyala dan stir terasa berat,,saya matikan mesin trs dinyalakan lg dan mobil jalan lampu indikator eps mati stir menjadi normal lg. Tapi setelah jalan beberapa meter nyala lagi dan itu terjadi berulang2. Sdh beberapakali sy ke suzuki dan hanya discan emang jd normal tp tetep beberapa hr kemudian gitu lg nyala-mati lampu indikator waktu mobil sedang berjalan. Mohon Pencerahannya Gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru alamin hal yg sama bro ternyata acu gak kuat lgi, ketahuannya pas saya jalan sendiri ac jarang di idupin eh bagus sendiri, rusaknya pas jalan ama keluarga ac idup terus perjlanan 5 jam kemungkinan acu melemah, ah pas sya kuras dan cas acu nya semua kembali normal

      Hapus
    2. Saya sampai sekarang belum ketemu masalahnya itu gan, itu dimana masalahnya?

      Hapus
  32. pnyebab'y eps mobil qu nyala trus om, kira" apa'y mobil crv 2008

    BalasHapus
  33. om mobil qu crv 2008 kendala'y setir brat eps nya nyala trus. kira" penyebab'y apa om. trims

    BalasHapus
  34. Jadi tau cara kerja EPS, makasih info nya mas

    BalasHapus
  35. Www.anggapowersteering.com

    BalasHapus
  36. Pak, saya pake honda jazz idsi 2005, kendalanya pertama lampu indikator CHG kadang hidup kadang mati, selanjutnya ketika indikator menyala selalu diikuti indikator EPS ikut menyala. Mohon informasi penangannya seperti apa ya? Makasih.

    BalasHapus
  37. mobil saya toyota avanza veloz 2013.
    kendalanya lampu indikator menyala saat kondisi stir mulai di putar dan stir menjadi keras. tapi saat kondisi mobil mulai berjalan stir mulai normal. tapi saat mobil berjalan pelan indakot kembali menyala dan setir menjadi berat. kondisi seperti itu terjadi saat berjalan lambat untuk berbelok (posisi RPM rendah/tidak di Gas).
    lebih para lagu klo malam saat menyalakan lampu utama. kondisi mobil langsung drop, lampu utama meredup dan lampu indikator EPS langsung menyala.

    mohon pencerahan...
    apaka harus di bawa ke bengkel khususu power stearing atw ke bengkel dealer..??

    BalasHapus
  38. Mobil saya crv 2010, ada suara kalau mobil d putar atau belok. kata teman ada masalah d EPS.
    Solusinya bagaimana?

    BalasHapus
  39. Sya punya mobil kia rio 2013 lampubeps nyala rrus stir gk bisa dibelokin? Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  40. Sy pengguna karimun kotak, kadang setelah mesin dinyalaakan, stir masih teras berat utk beberapa saat, setelah itu normal kembali. hal ini lmyn berlangsung cukup lama, setiap saya mengawali menjalankan mesin.
    nah kemarin, pas sy nyalain mesin, indiktornlampu EPS menyalanl sekitar satu menitan, setelah itu padam lagi.
    mohon penjelasan, kira kira itu kenapa y?
    daan biasanya apa yg bermaslaah. terima kasih.

    BalasHapus
  41. Bos,saya punya mazda rx8,waktu itu siap di cuci,jadi pas pengeringan,stirnya berat dan lampu indikatornya trus nyala bos,gmana itu bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh...punya saya juga gitu om...kira2 apa om penyebabnya

      Hapus
  42. Saya punya yaris 2010..setir suka mendadak berat..sdh saya bawa kemana mana namu msh juga hal yg sama terjd..sudah cek ke auto 2000..di sarankan kandi seterin coolom..sdh jga kita ganti namun hal yg sama ttp trjd..mohon mskannya ya om

    BalasHapus
  43. Saya punya jazz ge8 th 2009,,, pada saat keadaan mobil panas,,, stir diputar terasa berat ringan berat ringan gitu,, saat berhenti maupun kondisi jalan,, klakson kurang jreng jg,, padahal accu baru,,
    Indikator normal semua, tdk nyala indikator eps
    Mohon pencerahan,,, beres blg mesti ganti eps komplit yg harga lumayan

    BalasHapus
  44. saya punya splash 2010 cara kalikalibraseps·nya gimana yah.?keluhannya stir terasa kaku saat kecepatan di atas 60kpj..
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  45. Kalau hyundai i20 tahun 2009 eps nya nyala dan stirnya terasa bwrat apakah berarti harus diganti epsnya

    BalasHapus
  46. bingung honda city 2004 mobil lg diam dipanasi mesin di gas2 EPS indikator menyala stir berat.apa ada masalah pd EPS nya?

    BalasHapus
  47. Mobil saya New yaris setir tiba2 berat tapi lampu indikator tidak menyala, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Saya punya honda BR-V 2016, setir berat sekali ke kiri, ke kanan ringan tidak ada nyala lampu eps error, check pakai alat diagnostic juga gak ada error. Pada saat kondisi steer lurus dan mesin mati jika mesin dinyalakan langsung banting kanan. Saat matikan mesin, steer agak buang ke kiri. Kira-kira apanya ya? Sudah dibawa ke beres langganan gak bener2 cuma di spooring doank. Mohon pencerahan,terima kasih

    BalasHapus
  50. Mobil saya crv 2008,setelah ganti bushing racksteering,stior agak terasa berat,memang sewaktu ganti bushing,bushingnya agak padat dan tidak terlalu longgar,apakah bushing yg padat akan berpengaruh pada dinamo electricknya bila terus di paksakan?apakah bushing yg padat penyebab stior berat?? Mohon jawapannya..trims

    BalasHapus
  51. Mhn infonya saya punya mslh dgn eps mazda2 saya lampu indicatornya nyala stir jd berat kadang berkedip2 lampu indicatornya kira2 apanya ya gan?

    BalasHapus
  52. nanya gan... suzuki swift saya rak endnya lepas roda kanan jadi roda yg berputar nanya sebelah kiri kanan roda diam. setelah di buka dan di pasang kembali steringnya tidak berfungsi stir terasa berat di gerakan... mohon pencerahan

    BalasHapus
  53. Ijin tanya gan.
    Mbl saya limo 2007.
    Terkadang sesaat P.S seperti terhenti atau berat jika sy mau belok kiri dgn kecepatan di bawah 10 km. Kode eps tak nyala... kira2 bisa kasih solusi tak gan...

    BalasHapus
  54. Sy pengguna agya 2017 ,saat kontak di on kan ,semua lampu weserx mexala/berkedip ,dan stir berat /tdk berfungsi power steeringx ,mhn penjelasan ,makasih....

    BalasHapus
  55. Om klau datsun 510 1972 bagus di pasng eps apa ya, dan brp biaya ny

    BalasHapus
  56. Mas saya punya eps bekas yang nggak ada kontrol modulnya, apa bisa dipasang dengan sembarang kontrol modul mobil lain

    BalasHapus
  57. Apakah sistem EPS kalau mulai aus harus diganti, seperti di deler.
    Masalahnya hanya berisik di stir saat jalan jelek saja??.
    Kalau ada yg bisa servisnya bagi dong alamatnya. Tks

    BalasHapus
  58. Saya punya jazz Idsi 2004, lampu eps nya normal dan tidak menyala saat mesin sudah hidup. tetapi kalo sudah jalan putaran stir terasa berat. Mohon masukannya??terima kasih🙏

    BalasHapus
  59. Saya ada yaris 2008,sering Power steeringnya mati tiba tiba dg gejala listrik off dlm durasi satu detik,trus hidup kembali.kira kira kenapa ya pak?mohon dibantu.

    BalasHapus
  60. Salam. Saya pengguna karimun kotak 2003. Problem stir terasa berat di awal. Kadang muncul berat kadang enteng. Timbul hilang timbul hilang. Lampu indikator eps normal. Ketika sya bawa ke dealer resmi dilakukan scaning katanya modul epsnya bermasalah. Minta ganti. Adakah solusi lainya? Trims

    BalasHapus
  61. Ass...alkm sahabatku kami sekedar info punya karko lagi tribel bagian eps berat sebelah kanan kami minta tolong ingox ok saudaraku waslm

    BalasHapus
  62. Hallo selamat malam...beberapa hari ini ada kendala di mobil saya brv 2018 ,setir kalau di putar berat sekali..lampu indikator menyala..setelah di cek ternyata penyebabnya lampu variasi,maka itu jgn coba2 masang lampu variasi di tempat yg blm faham betul..jd memasang lampu ,mekanik di variasi mengambil masanya di jalur Eps jd menggangu saluran listrik sehingga merusak sistem...
    Mobil saya sampai nginap 2 malam di Honda..pertanyaan saya,apakah begitu susah untuk memperbaikinya..sehingga harus mengeluarkan biaya yg lumayan besar...
    Kalau ada yg tau tolong dong di kasih infonya?untuk memperbaiki Eps habis biaya brp ya?soalnya bengkel resmi Honda meminta uang cukup besar menurut saya..trimakasih

    BalasHapus
  63. Kalau menurut saya sbg mekanik,worm harus dibongkar dan semua sensor dibersihkan

    BalasHapus
  64. Sama saya juga mengalami. Jazz vtec 2006 sya sdh ganti satu set. Terxata msih sja mncul EPS saat msin hdup. Sya bwa lgi kbengkel dscann, normal lgi. Tpi beberapa hri mncul lagi. Tolong pencerahannya. Sya cukup dibkin bingung.

    BalasHapus
  65. Beratki Strix eltrik mbil KIA rio apax kira2 om

    BalasHapus
  66. Mas tlg infonya mobil splash saya indikator eps nya hidup pas nyalakan mesin dan stir ketika di belokkan patah berat sekali ada bunyi2 di kaki2, ketika stir di luruskan trus dbawa jln indikator eps mati dan stir normal kmbali, apa penyebabnya mas?

    BalasHapus
  67. Mas tlg infonya.mobil saya honda jazz thn 2008 awal IDSI.pada kecepatan rendah atau untuk berbelok.setir ringan.tapi saat kecepatan 40km/jam.keatas dan keadaan lurus ,setir terasa berat

    BalasHapus
  68. Apa pengaruhnya jika motor elektrik ster dilepas pada mobil Honda jazz?

    BalasHapus
  69. Pak saya mau tanyak, mobil saya swift 2006, keluhan awal buat jalan agak berisik, saya bawa ke tukang understel katanya bearing blkg kanan kena dan katanya bunyi gladak, dan disarankan dibenerin jg, saya sih ok dan setelah dibenerin dan katanya semua karet sdh ganti dan racksteering di bubut setelah saya pakai kok steernua terasa agak berat dan kl steer saya belok kanan dan kiri ada bunyi kayak ada space antata rodagigi, kata tukangnya sementara steer terasa berat efek di bubut, tp skrg sdh hampir 5 bln msh juga berat sdh saya balikin sampai 3x katanya normal,, mohon pencerahannya buat para pembaca yg faham trims

    BalasHapus
  70. Pak sy mau tanya mobil xenia tahun 2012 cc 1000... Lampu indikator gambar stir kadang nyala kadang mati klo lagi jalan... Klo lagi nyala gambar stirnya spidometer suka turun ga berfungsi... Tp sebentar nyala nya trs mati da normal lagi... Itu apanya?? Mohon di bantu penjelasannya

    BalasHapus
  71. Pak sy mau tanya mobil xenia tahun 2012 cc 1000... Lampu indikator gambar stir kadang nyala kadang mati klo lagi jalan... Klo lagi nyala gambar stirnya spidometer suka turun ga berfungsi... Tp sebentar nyala nya trs mati da normal lagi... Itu apanya?? Mohon di bantu penjelasannya

    BalasHapus
  72. Barangkali ada yang tau saya punya karimun wagon,mobil saya kena banjir dan module power stering tdk berpungsi, apakah module itu bisa diperbaiki atau tidak? Terimakasih

    BalasHapus
  73. Permisi om mau tanya crv sya gen 3 taun 2010, saat putaran setir ke kanan bisa 2 kali putar tapi kalau ke kiri cuma 1 kali putar jadi sering susah kalo belok kiri, apakah seperti itu ya om? Trims

    BalasHapus
  74. Om muhon pencerahannya mobil saya jezz habis bongkar eps..tiba2 awal stater stir mutar sendiri kekanan

    BalasHapus
  75. Mubil saya toyota limo power steeringnya terkadang keras sperti tidak berfungsi jika di malam hari dan menyalakan lampu serta tape terkadang mati sendiri jika sambil gunakan lampu dim, mohon bantuannya

    BalasHapus
  76. Mubil saya toyota limo power steeringnya terkadang keras sperti tidak berfungsi jika di malam hari dan menyalakan lampu serta tape terkadang mati sendiri jika sambil gunakan lampu dim, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba Cek akinya bos. Kalo aki-nya low, gak bisa mutar motor steering

      Hapus
  77. Mobil saya Honda city 2007 indikator setir menyala dan setir terasa berat tp setelah mesin dimatikan trs lngsung dhidupin kmbli Normal tp bbrp km lg hidup lagi n berat setirnya.. maaf tanya solusi nya itu gmn penyakit nya apa trima kasih

    BalasHapus
  78. Saya punya mobil karimun kotak 2003,problem saya setir terasa berat lampu indikator epsnya mati itu kenapaya... Mohon sharingnya

    BalasHapus
  79. Saya punya mobil KIA rio lampu epsnya nyala terus stir berat apa solusinya gan.

    BalasHapus
  80. Mobil bos saya brv tahun 2017 lampu indikasinya nyala terus dan setir berat kekiri n kanan, ada solusinya gan?trim

    BalasHapus
  81. Saya mau nanya, Mobil saya KIA Rio thn 2015, untuk stir saat dibelokan, tekanannya masih normal, tidak berat, namun ada suara kretek kretek pas di bawah stir dan bukan di kaki kaki, ini masalahnya ada dimana ya, mungkin rekan rekan lain ada masukan, terima kasih

    BalasHapus
  82. Mobil sya APV 2004 blm powersteering trus da yg nawarin eps Toyota agya kira" Bisa d psang d APV saya tidak y?

    BalasHapus
  83. Saya memakai brio 01-2019, waktu baru stir nya mantap (beratnya pas), setelah di spooring kok sekarang stir terasa ringan sekali dan waktu jalan dgn kecepatan tinggi pun stir tetap ringan spt lg jalan pelan.
    Apakah ada yg salah dgn spooringnya?
    Bagaimana cara untuk menyetel berat putaran stir? Apakah bisa dilakukan sendiri tanpa ke bengkel spooring?

    BalasHapus
  84. Mohon petunjuk ny min. . Honda crv 2.0 2008 manual .. (STIUR sangat liar apabila di kendalikan pada kecepatan diatas 60km/jam),. Jikalau pemakaian dlm kota stiur normal di kecepatan di bawah 60km.. Saya sudah ganti velg dab ban baru.. Dan semua kaki2 di cek aman.. Apakah ini masalah eps ny min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkin perlu dikalibrasi ulang epsnya

      Hapus
  85. Mohon petunjuk,apa torsi sensor untuk karimun kotak tahun 2002 ada suku cadangnya,soalnya saya tanya ke toko onderdil harus beli satu paket

    BalasHapus
  86. Mohon petunjuk,apa torsi sensor untuk karimun kotak tahun 2002 ada suku cadangnya,soalnya saya tanya ke toko onderdil harus beli satu paket

    BalasHapus
  87. Salam kenal.....bang sy punya mobil hyundai grand avega 2013 mobil dihidupin sisetir belum diputar keadaan diam ga bergetar - getar,sy putar setirnya br diputar dikit langsung bergetar - getar terus menerus keras.aneh nya lg mesin dimatiin sisetir bergetar terus ada jedah 15 mnt dimatiin kontak ga diem.terus dr modul EPS panas ama motor jg panas mohon dibantu bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus kita sama persis gan.. btw, kabar mobil'y sdh bgmn? Tolong share pengalaman'y donk..

      Hapus
  88. Pa mobil suzuki x-over lampu efs menyala setir berat apa yah

    BalasHapus
  89. Cek fuse dan kabelnya

    BalasHapus
  90. Mobil saya karimun gx 2004. Modul electric power steering rusak. Kalau mau beli eps yg baru harga nya mahal. Mgkn ada solusi lain yg lebih terjangkau?

    BalasHapus
  91. Saya punya Honda city 2004 EPS nya sering kambuh, di reset hilang tapi dipake sekitar seminggu nyala lg EPS nya. Kaya org bengkel rack steer nya ganti dan harganya jg lumayan. Apa Harus ganti rack steer atau mungkin yg lain nya, saya cuma takut setelah ganti rack steer EPS nya masih sika kambuh. Apa ada solusi atau masukan? Mohon infonya

    BalasHapus
  92. Saya punya mobi honda city 2004, lg ada kendala stir nya keras,Eps nya menyala terus, di bw ke bengkel tdk bisa di kerja, mohon solusi & bantuan nya🙏

    BalasHapus
  93. sy punya mobil bunyi tak tak di dlm steering org bilang terood kalah tpi sy sdh ganti satu set rak steering msh bunyi tolong solusi

    BalasHapus
  94. Mobil saya ertiga terkena banjir sebatas jok duduk dan setelah service lampu sterring nyala dan apakah harus ganti eps assy atau hanya module aja

    BalasHapus
  95. Mobil saya splash.. kena banjir.. yg lain Alhamdulillah normal hanya indikator stir tanda seru.. stir terasa berat ? Apakah ada kerusakan di modul EPS-nya ? Mohon solusinya terimakasih..

    BalasHapus
  96. Mobil saya jazz 2006 kalok sudah perjalanan jauh setir berat. Kira-kira kenapa ya min

    BalasHapus
  97. Mobil sy livina xv 2009..indikator eps nyala,setir berat...kendalanya dmn biasanya ya gan??...apa bnr modulnya yg bermasalah??...cek sekring aman semua,,memang aki agak gk sehat...mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sama om, kalau boleh tau diapain ya ?

      Hapus
    3. Sama masalahnya sama mobil saya grand Livina 1,8 2010 eps nya nyala terus, setirnya berat.cek sekring bagus,aki memang agak low sering di cas... mohon sarannya apa yang harus perbaiki
      dan di ganti? terimakasih

      Hapus
  98. Assalamualikum..sy pake city vtec 2005..eps aman..tapi setir berat sekali..sy udh bawa ke bengkel tpi masih blom bisa menyelesaikan masalahnya..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  99. Assalamualikum..sy pake city vtec 2005..eps aman..tapi setir berat sekali..sy udh bawa ke bengkel tpi masih blom bisa menyelesaikan masalahnya..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  100. Assalamualikum..sy pake city vtec 2005..eps aman..tapi setir berat sekali..sy udh bawa ke bengkel tpi masih blom bisa menyelesaikan masalahnya..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  101. Kia Rio 2013
    Ganti motor EPS nya...
    Tapi saat mau belok tikungan tajam strinya bunyi,kalo lagi jalan dan belokan biasa tidak...
    Kenapa ya?

    BalasHapus
  102. Mobil sy krimun kotak .bila di kontak.o .eps nyala trus bila d star. Mesin .Kyak mau hidup..gak. hidup.sbentar trus mati

    BalasHapus
  103. Mobil saya Grand Livina manual 2010, sepekan lalu ketika mengeluarkan mobil dari halaman rumah tiba-tiba setir terasa sangat berat. Setelah saya lihat pada panel ternyata lampu indikator PS menyala. Mohon info kira2 penyebabnya apa dan bagaimana penanganannya. Terimakasih

    BalasHapus
  104. Barang kali ada yang pernah ngalami atau tau..
    Kemudi mazdq rx8 tiba2 berat,kira2 apanya gan???trimakasih

    BalasHapus
  105. Saya ada masalah d stir jazz matic 2005 stir berat dan tidak balik lagi kalau belok kira2 apanya ya gan?trmksh

    BalasHapus
  106. Pak servis eps hyundai grend avega

    BalasHapus
  107. Mobil sy honda mobilio 2015...stir saya berbelok kekiri begitu distart hidup mesin ...dan berat kekanan ..itu kenapa ya..tks

    BalasHapus
  108. mobil saya terios tahun 2014, jadi kemarin saya bawa kebengkel umum untuk menghilangkan bunyi deg, deg pada steer. bunyinya sekali saja pada saat belok, dan dibongkar steer kemudian ada beberapa komponen yg dibubut,dan sudah dipasang semua komponen,setelah dibongkar memang bunyinya sudah hilang. tapi begitu distarter steernya langsung tiba2 belok kekanan sampai habis, dan diarahkan kekiri pun agak berat.mohon masukanny master

    BalasHapus
  109. Mohon pencerahan nya bos ku...saya punya mobil hyundai excell 3...eps nya normal...kendala nya skrg..setiap stir saya goyang sedikit...maka stir nya goyang terus k kanan atau ke kiri...klw lagi di bwak jalan..sepoyongan terus...padahal kaki" nya aman...tlg saran nya bos ku

    BalasHapus
  110. Harap WA / Telepon Dahulu Sebelum Ke Bengkel Terima Panggilan Juga Siap Melayani Anda.
    Assalammualaikum.

    numpang cari rejeki juragan kami menawarkan jasa servis segala mobil terima panggilan juga.

    MENGERJAKAN

    - SPESIALIS kaki kaki / understeel
    - power steering EPS hidrolis berat bocor bunyi ganti siel pasang baru power steering singgapuran DLL.

    - undrestel / kaki-kaki
    - shock breker
    - tierod long
    - tierod end
    - balljoint
    - bearing roda
    - kampas rem
    - kampas kopling
    - drick laher
    - copel / cv joint
    - bosch arem
    - tierod ling
    - karet stabilizer
    - karet stutbar
    - pangkon support shock
    - swing arem
    - joint steer
    - worem steer
    - rack steer
    - cross member / as balak
    - bosh rack steer / bushing rack
    - chamber chaster
    - cross joint DLL.

    semoga amanah
    WA .083857910088
    lokasi surabaya.Wassalammualaikum

    BalasHapus