Rabu, 24 Agustus 2011

Cara Memperbaiki Power Suply Unit (PSU)

Apakah anda punya PSU (Power Suply Unit) yang sudah rusak? kalau ada sebaiknya jangan dirongsokkan dulu, memang untuk sekarang ini harga PSU di pasaran cukup murah, tapi ngga ada salahnya kalo anda mencoba memperbaiki sendiri, seperti pengalaman saya kemarin yang baru saja praktek memperbaiki PSU, kebetulan beberapa hari yang lalu ada salah satu komputer saya yang rusak PSUnya, tapi sudah saya ganti yang baru.

Berawal dari ketidak sengajaan sewaktu saya berjalan-jalan dengan mbah google, saya menemukan sebuah artikel yang membahas masalah Cara Memeperbaiki Power Suply Unit (PSU) langsung muncul ide untuk mencoba, dan langsung saya cari PSU saya yang sudah rusak di gudang tempat penyimpanan BABE (Barang Bekas) saya obrak abrik semua dan ahirnya ku temukan juga => kapan mulainya......? dari tadi cerita melulu...

Isi artikelnya kurang lebih seperti di bawah ini:

PSU komputer adalah power supply dengan sistem switching. Pada power supply switching, kebanyakan yang rusak adalah komponen yang berada pada bagian primer.

Peralatan yang anda perlukan tidaklah banyak , anda hanya perlu menyediakan solder, timah, obeng + , avometer , dan penyedot timah, dan uang untuk membeli komponen yang rusak

Di sini saya akan mengambil contoh PSU merk OKAYA. => PSU yang saua punya adalah merek SPC



Kalau sudah siap, langsung saja buka tutup PSU nya.
Lepaskan papan rangkaian (PCB) dari casing.

  
Komponen yang perlu diselidiki adalah :

1. Sekering (fuse)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar