Selasa, 27 September 2011

Mekanisme Katup :: DEKOMPRESION ::

 DEKOMPRESION

Dekompresi merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk membuang kompresi sesaat agar tenaga untuk memutar mesin lebih ringan. Dekompresi difungsikan saat starter mesin sehingga  saat starter mesin lebih ringan.  Terdapat dua model dekompresi, yaitu:
  1. Automatic decompression
  2. Manual decompresion
Mesin yang dilengkapi automatic decompression saat mesin mati katup buang otomatis terbuka, sehingga saat menghidupkan mesin dekompresi sudah bekerja, starter mesin lebih ringan.

Mesin yang menggunakan dekompresi pada poros nok dilengkapi dengan tonjolan. Saat mesin hidup arah putaran mesin dan poros nok bila dilihat dari sisi magnet  putarannya berlawanan dengan jarum jam. Adanya kopling satu arah pada tonjolan maka tonjolan tidak menekan plat penahan, namun saat akhir mesin mati maka terdapat putaran balik yang menggerakkan kopling satu arah sehingga tonjolan menekan plat penahan, plat penahan menekan roker arm  katup buang sehingga katup sedikit terbuka.


 Plat penahan pada dekompresi 

  
Posisi dekompresi  saat terpasang


 Susunan poros nok dan katup motor yang dilengkapi dekompresi ( Honda Supra)

 Mesin yang dilengkapi dekompresi manual, saat menghidupkan mesin operator harus menekan tuas dekompresi, dan menstarter mesin, setelah mesin berputar dan tenaga yang disimpan flywheel cukup kuat, tuas dekompresi dilepas, sehingga proses hisap dan kompresi normal, mesin akan hidup. Dengan adanya dikompresi putaran mesin lebih cepat sehingga mesin lebih mudah dihidupkan dengan tenaga untuk starter lebih ringan.

 Hal yang harus diperhatikan pada tipe ini antara lain:
a.     Selesai dilakukan bongkar pasang , masukkan oli melalui baut seal agar batang dapat penekan langsung bekerja
b.    Bersihkan batang penekan secara berkala untuk  menghindari kebocoran dan tidak berfungsinya katup satu arah.

 
Manual Decompresion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar