Minggu, 18 Maret 2012

Sharp Q-BEAT Mati Setelah Beberapa Menit

 
Kemarin Sore datang pasien TV Sharp Qbeat, langsung saja aku tanya kerusakannya pada yang mengantarkannya, katanya si suka mati sendiri setelah beberapa menit, wah... garapan kemlethik...,  karena waktunya sudah menjelang Maghrib jadi ngga langsung saya periksa.

Dan keesokan harinya langsung aku periksa TV tersebut, seperti biasa pertama saya buka penutup belakangnya kemudian ku cabut soketnya satu persatu dan kop flybacknya lalu saya saya ambil mesinnya, langkah selanjutnya yaitu membersihkan debu yang menempel di papan Bord dan di belakang tabung menggunakan kuas. Dan setelah saya amati ternyata banyak titik solderan yang retak, terutama di bagian Power Suply, Horizontal dan IC Vertikal.

Kerusakan seperti ini sering terjadi pada TV yang baru pertama kali rusak, dan cara mengatasinya yaitu dengan menyolder ulang bagian-bagian yang retak, biar kelihatan jelas bersihkan dulu dengan menggunakan thiner dan kuas atau sikat gigi. kalo saya biasanya menyolder ulang semua titik, biar ngga ada yang kelewatan.

Setelah selesai menyolder ulang kemudian saya cek tegangan satu persatu dan ternyata normal semua dan keliatannya tidak ada tanda-tanda komponen yang berubah fisik, terutama elko.
Kemudian saya pasang kembali mesin tersebut ke Tabung dan saya hidupkan, ternyata.....
Mak Creeeet....... TV langsung Nyala normal, kemudian saya pasang kembali penutup belakangnya, dan setelah melewati masa uji coba selama 2 jam Alhamdulillah tv tersebut masih normal, dan dinyatakan LULUS, dan saatnya menerima bayaran....

1 komentar: