Kamis, 29 September 2011

Mekanisme Katup :: KATUP (VALVE) ::

Katup berfungsi untuk membuka dan menutup. Katup hisap digunakan untuk membuka dan menutup saluran hisap atau saluran masuk dan katup buang digunakan untuk membuka dan menutup saluran buang. Membukanya katup akibat gerakan atau tekanan poros nok, sedangkan menutupnya katup akibat gaya pegas. Katup dipasang di kepala silinder dengan susunan sebagai berikut:



Gb. 3.8  Susunan pemasangan katup

Kebocoran kompresi dapat disebabkan oleh penutupan katup yang kurang rapat, penyebab katup menutup kurang rapat, antara lain:
1. Penyetelan celah katup terlalu rapat
2. Pegas katup lemah
3. Bos katup ( valve giude) aus
4. Kontak permukaan tidak rata

Kontak permukaan yang tidak rata diatasi dengan skur katup. Langkah menyekur katup adalah:
  1. Bersihkan kepala silinder dan katup dan tempatkan pada meja kerja.
  2. Lumasi bos katup dengan meneteskan oli pelumas
  3. Oleskan grinding paste pada permukaan kontak katup
  4. Masukkan katup ke bos katup, putar secara berulang-ulang menggunakan sampai katup dan dudukannya bersinggungan dengan rata. Saat memberikan grinding paste, hati-hati jangan sampai mengenai batang katup atau masuk ke bos katup.
  5. Periksa hasil penyekuran, seperti gambar di bawah ini.


Gb. 3.9  Pemeriksaan bekas penyekuran

  1. Bersihkan katup dan kepala silinder, pasang katup dan tahan dengan tangan,  periksa kebocoran dengan menuangkan bensin pada saluran masuk atau buang katup yang diperiksa. Bila terdapat rembesan bensin berarti katup masih kurang rapat. Lakukan penyekuran kembali.

Penyekuran dilakukan setiap penggantian bos katup (valve guide), penggantian katup,  penggantian dudukan katup dan kebocoran katup akibat kontak permukaan tidak rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar