Minggu, 15 Januari 2012

TV China Tidak ada Gambar Tapi Suara Normal

Kemarin saya kedatangan pasien TV China bermerek PLASMA, kemudian langsung saya tanyakan kepada pemiliknya tentang keluhan yang dialami si pasien, ternyata keluhannya adalah tidak ada gambar tapi suara normal, terus saya coba hidupin dan ternyata memang betul, layarnya gelap gulita tidak ada cahaya sedikitpun, dan langsung saya buka penutup belakangnya kemudian saya nyalakan lagi untuk memeriksa tegangan CRTnya, setelah saya amati ternyata Heaternya tidak menyala dan saya ukur tegangannya pake avometer ternyata tidak ada tegangan sedikit pun, lalu saya matikan tv tersebut dan langsung memulai petualangan pencarian biang keroknya, filing saya langsung tertuju pada resistor heater, tapi ternyata setelah saya cek ternyata baik-baik saja, kemudian saya lanjutkan dengan penyolderan ulang di bagian-bagian yang kelihatan retak, lalu saya coba hidupkan lagi........ dan ternyata............... ga ada perubahan sedikit pun.
langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mengamati wujud fisik komponen, terutama elko dan resistor di sekitar tegangan tinggi dan kelihatannya masih sehat bugar semua,  kemudian saya nyalakan kembali tanpa tehubung ke CRT untuk mengecek tegangan B+ nya, tapi apa yang terjadi sodara-sodara... saya melihat ada kepulan asap tipis dari salah satu elco B+ (220/160V), wah.... ini dia biang keladinya, langsung saja saya cabut jeknya dari stop kontak dan langsung saja saya lepas tuh elco, wah... pantesan.... elcone dengklang, sikile mung siji thok. (makanya jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, yang penampilanya bagus belum tentu dalam nya bagus). 

Tanpa pikir panjang lagi langsung saya ganti elco tersebut, dan setelah selese langsung saya tes ternyata ... MAK NYooos... TV nyala dan gambarnya normal kembali, Plong banget rasane.... Terima kasih Yaa Allah... 
Setelah di Tes beberapa saat tidak ada gangguan lagi, langsung saya rapihkan kembali TV tersebut dan asyik deh.... nampani bayaran...


Demikian Pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

13 komentar:

  1. Malem Oom... mohon pencerahan saya ada problem yang serupa TV Cina merk VOTRE ,saat di ON bisa hidup normal kira2 hanya satu menit trus gambar ILANG tapi suara masih normal di Off kan dan di ON kan lagi, idup normal lagi satu menit Gambar ilang lagi suara normal, udah di ganti FBT & Elco2 tetap gak ngaruh kira2 apanya tuh Oom..?
    Mohon pencerahannya ya Oom..........
    Matur nuwun
    Sholikhin

    BalasHapus
  2. gnti elco yg mnju vcc osciltr hrsntal.

    BalasHapus
  3. Siang bang, mw tnya ni, tv sharp ku klo diidupin kembli kstnby trs2an.aq matiin trs diidupin lg, ttep aj.mhn bntuannya.tank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terprotek Boss, berikut beberapa macam kerusakan TV sharp :
      - Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.
      - Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.
      - Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.
      - Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter.
      - Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.3V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.
      - Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan.
      - R 33 ohm untuk tegangan 45v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C1n dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.

      Hapus
  4. hello bang ne saya achmad tv konka saya dihidupkan suara ada tapi layar kagga ad mohon bantuan'e makasih

    BalasHapus
  5. tv saya merk giatex. kemarin saya nyalain TV, ada bau gosong, setelah diperhatiin ternyata klep karet yang ngubungin ke komponen itu leleh(gak tau namanya apa) dan timbul percikan api. kira kira kalo di benerin abis berapa duit ya? makasih

    BalasHapus
  6. tv merk votre sy udah nyala ijo tapi gak ada gambar suara .penyebabnya apa ya bos?? trims

    BalasHapus
  7. Tv saya merek lg, gambar bagus suara bagus, tapi gak bisa diremot control, apa penyebabnya mas balas

    BalasHapus
  8. tv politron yang sudah di ganti mesinnya sama mesin cina, suara ada tapi ga ada gambar. apa solusinya sama dengan yang di atas ? terima kasih

    BalasHapus
  9. Maaf gan. Ikutan nanya nih. TV saya mati. Elco 100uF/160v tampak bocor, setelah diganti ukuran sama tv bisa nyala tapi gambar lama2 redup akhirnya gelap gulita, tapi suara normal. Apanya yg gak beres ya??
    Makasih.

    BalasHapus

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Belanja Online