Jumat, 27 Januari 2012

Tentang Menghidupkan Laptop Tanpa Batrey

Sebenarnya menyalakan laptop denga kabel power dan adaptor tanpa baterai  masih menjadi perdebatan bagi banyak orang. Beberapa orang menganggap cara ini aman dan yang lainnya mengatakan tidak aman.

Browsing sebelum tidur membuat saya membaca sebuah posting di blog http://soyyounk.wordpress.com tentang pengalaman admin dalam menggunakan laptop hanya dengan kabel adaptor tanpa baterai. Ia menceritakan motherboard laptopnya akhirnya rusak dan harus diganti dengan biaya 2,5 juta rupiah. Wah mengerikan juga ya :D padahal harga baterai laptop tidak sampai segitu. Jadi pilih mana baterai cepat abis umur hidupnya atau botherboard laptop anda cepat habis umurnya ?

Dalam posting sang admin juga menulis penjelasan teknisi tempat ia memperbaiki laptop tersebut. Silahkan simak dibawah ini:
  1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot memang bisa mamperpanjang usia baterai.
  2. Baterai laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.
  3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
  4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
Oh ya, supaya kamu tidak ragu dengan penjelasan diatas penulisnya juga menambahkan bahwa penjelasan ini bersumber dari teknisi resmi laptop yang ia perbaiki.

Tambahan dari FBC, Mungkin saja pada beberapa laptop yang mungkin sudah lebih canggih dalam mengatasi ini misalnya dengan menambah komponen penyesuai tegangan dan sirkuit pengatur pada adaptor laptop mereka. Namun kamu harus benar-benar yakin jika fitur itu benar ada pada laptop kamu. Jika kamu tidak yakin apakah laptop kamu aman jika dinyalakan tanpa baterai silahkan tanyakan ke service resminya. Dan jika kamu tidak yakin sebaiknya tetap nayalakan laptop dalam keadaan baterai terpasang untuk menghindari risiko lebih buruk.

Sumber : http://fabrie.blogspot.com

1 komentar: